- Pendahuluan
Proses
pembelajaran
yang
berpusat
kepada
pendidik
(teacher
centered),
di
mana
pendidik
menganggap
dirinya
sebagai
gudangnya
ilmu
pengetahuan
(store
of
knowledge)
sudah
menjadi
kamus
kuno.
Baden
Powell
telah
mengalihkan
proses
pembelajaran
yang
berpusat
pada
peserta
didik
(ask
the
boys
– students
centered),
dengan
demikian
pendidik
tidak
bertindak
dominator
tetapi
sebagai
fasilitator.
Panduan
ini
dibuat
karena
masih
banyak
penyelenggaraan
kursus
yang
setiap
topik
atau
setiap
pokok
bahasan
dilakukan
dengan
ceramah,
sehingga
peserta
didik
hanya
berperan
sebagai
pendengar,
sehingga
ketika
kursus
berakhir
tidak
memiliki
keterampilan
yang
memadai
untuk
membina
gugusdepan.
Panduan
teknis
penyajian
modul
Kursus
Pembina
Pramuka
Mahir
Tingkat
Dasar
(KMD)
disusun
dalam
rangka
standarisasi
pola
penyajian
modul
KMD,
dengan
harapan
dapat
menjadi
panduan
dasar
bagi
Pelatih
Pembina
Pramuka;
adapun
pengembangan
selanjutnya
diserahkan
kepada
pelatih
yang
bersangkutan.
- Tujuan dan Sasaran KMD
- Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.
- Sasaran
Peserta
setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, mampu :
a. Menjelaskan
apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan serta
perkembangannya.
b. Menerapkan
kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai
dengan golongannya.
c. Menjelaskan
apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan,
Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan
dan Motto Kepramukaan serta menerapkannya dalam membina Pramuka
sesuai dengan golongannya.
d.
Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka
kepada Pramuka sesuai dengan golongnnya sehingga sikap dan
perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar
Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina
dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial
sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam
masyarakat lingkungannya.
f. Menerapkan
Sistem Among dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode
Kehormatan Pramuka dalam hidup bermasyarakat sehingga dirinya menjadi
panutan peserta didik dan masyarakat.
g. Menerapkan
kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar
Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola
Program
Kegiatan
Peserta
Didik
(Prodik)
sesuai
dengan
golongannya.
i. Menerapkan
ketrampilan komunikasi dan ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis
dan menghayati sifat dan watak peserta didiknya.
k. Mengelola
satuannya.
l. Membina
dan mengembangkan sumber daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami, Menghayati
dan melaksanakan AD & ART Gerakan Pramuka.
- Metode
Materi
KMD
disajikan
dengan
pendekatan
andragogi,
berfokus
pada
pembelajaran
diri
interaktif
progresif
dengan
melibatkan
peserta
secara
langsung
dalam
proses
pembelajaran
dengan
menggunakan
metode,
di
antaranya
:
- Dinamika kelompok
- Diskusi kelompok
- Curah gagasan
- Metta Plan/Country Fair
- Studi kasus
- Kerja kelompok
- Demonstrasi
- Bermain peran
- Presentasi
- Bola salju (snow balling)
- Debat
- Fish Bowl
- Class students have
- Simulasi
- Base Mathod
- Berbagai kegiatan praktek (kesiagaan, kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting skill, dan permainan).
- Open Forum
- Rencana Tindak lanjut (RTL)/Action Plan
- Rencana Pembelajaran
Dalam
menyusun
rencana
pembelajaran
pendekatan
yang
digunakan
adalah
andragogi,
strategi
pembelajaran
dilakukan
dengan
cara
“Do-Look-Learn”,
untuk
itu
diperlukan
petunjuk
pelaksanaan
pembelajaran
yang
sesuai
dengan
materi
sajian
yang
ada
berupa
persiapan
pembelajaran
oleh
pelatih
(format
terlampir)
dan
petunjuk
pembelajaran
bagi
peserta
kursus
(format
terlampir).
Pada
akhir
pertemuan
sesi,
pelatih
mengadakan
sharring
dengan
tujuan
mengadakan
pembulatan/pencerahan
berupa
kesimpulan.
- Strategi pembelajaran
- Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
- Pelatih menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian yang ada.
- Peserta memahami petunjuk pembelajaran yang diberikan.
- Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan petunjuk pembelajaran.
- Peserta memperoleh temuan-temuan dari proses pembelajaran tersebut.
- Sharring atas temuan-temuan yang ada.
- Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.
- Pembagian waktu penyajian pada setiap Pokok Bahasan:
- Pengantar dan penjelasan materi untuk pemahaman konsep (ceramah) : 20 %;
- Kegiatan praktek/simulasi/demonstrasi/ kerja kelompok atau mandiri : 70 %;
- Pembulatan/pencerahan/kesimpulan : 10%;
- Satu jam pelajaran = 45 menit
- Dalam KMD kepada peserta dikenalkan praktek kegiatan Kesiagaan, Kepenggalangan, Kepenegakan dan Kepandegaan.
- KMD dilaksanakan di dalam ruangan 1/3 alokasi waktu dan 2/3 waktu diselenggarakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan, atau 2,5 hari di kelas – 4,5 hari di perkemahan.
- Pendukung Proses Belajar Mengajar dengan pendekatan Andragogi
- Sarana Prasarana:
- Ruang belajar yang bersih, sehat, terang dan sepadan dengan kapasitas.
- Alat bantu pembelajaran yang memadai kuantitas dan kualitas.
- Tersedianya alam terbuka untuk kegiatan outdoor.
- Adanya bahan serahan.
- Suasana pendukung proses pembelajaran: terhindar dari gangguang kegaduhan, polusi udara.
- Alunan musik yang dapat membengkaitkan semangat belajar.
- Rencana Tindak Lanjut
- Rencana Tindak Lanjut (RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir pelaksanaan kursus sebagai motivator pada diri mereka sendiri untuk melakukan kegiatan tindak lanjut setelah mengikuti pelatihan.
- RTL juga berfungsi sebagai pendorong peserta pelatihan untuk mengikuti program masa pengembangan/narakarya 1 oleh kwartir, yang akan menjadi persyaratan untuk mengikuti pelatihan berikutnya (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan/KML).
- Penutup
Dengan
disusunnya panduan ini diharapkan Pelatih dapat memiliki pola
penyajian modul KMD, selanjutnya kepada para pelatih dapat
mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.
KURIKULUM
KMD
-
Kurikulum KMD disusun sebagai berikut :a. BABAK PENGANTARModul 1 PENGANTAR ............................................................................1.1. Upacara Pembukaan Kursus ..........................................................1.2. Orientasi Kursus ...........................................................................1.3. Dinamika kelompok ..........................................................................1.4. Pengembangan Sasaran Kursus ......................................................
5 Jampel1 jampel2 jampel1 jampel1 jampelb. BABAK INTIModul 2 : KEPRAMUKAAN, PRINSIP DASAR&METODE...........................2.1. Penghayatan AD & ART Gerakan Pramuka....................................2.2. Sejarah Kepramukaan...................................................................2.3. Kepramukaan .............................................................................2.4. Pendidikan dalam Kepramukaan .................................................2.5. Prinsip Dasar Kepramukaan ........................................................2.6. Metode Kepramukaan ................................................................2.7. Kode Kehoramatan Pramuka ......................................................2. 8. Motto & Kiasan Dasar Gerakan Pramuka ......................................2.9. Kiasan Dasar dalam Kepramukaan ...............................................
12 jampel2 jampel1 jampel1 jampel1 jampel2 jampel2 jampel1 jampel1 jampel1 jampel
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)3.1. Kesiagaan ................................................................................... ...3.2. Kepenggalangan ......................................................................... ...3.3. Kepenegakan ............................................................................. ...3.4. Kepandegaan ........................................................................... ...3.5 Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK)................................... ...3.6. Dewan Satuan Pramuka .................................................................3.7. Forum S,G,T,D, .............................................................................3.8. Memahami Peserta Didik dan Kebutuhannya.................................3.9. Menciptakan Kegiatan yang Menarik, Menantang dan Mengandung Pendidikan ..............................................................
13 jampel2 jampel2 jampel2 jampel2 jampel1 jampel1 jampel1 jampel1 jampel
1 jampel
Modul 4 : CARA MEMBINA.....................................................................4.1. Membina Pramuka dengan Sistem Among......................................4 2. Komunikasi dan Bergaul dengan Peserta didik ...............................4.3. Mengelola Satuan Pramuka ............................................................4.4. Peran, Tugas dan Tanggung jawab Pembina Pramuka ..................4.5. Jam Pimpinan ...................................................................................7 jampel1 jampel1 jampel1 jampel1 jampel3 jampel
Modul 5 : ORGANISASI...........................................................................5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka ...........................................5.2. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka .........................................5.3. Organisasi dan Administrasi Gugus Depan Pramuka .......................5.4. Satuan Karya Pramuka ( SAKA)......................................................
4 jampel1 jampel1 jampel1 jampel1 jampel
Modul 6 : KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN .................................6.1. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG .........................................................6.2. Upacara sebagai Alat Pendidikan .............. .....................................6.3. Permainan sebagai alat pendidikan ...............................................6.4 Pelantikan sebagai Alat Pendidikan .......... ....................................6.5 Api Unggun sebagai Alat Pendidikan .............................................
5 jampel1 jampel1 jampel1 jampel1 jampel1 jampel
Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA (OUTDOOR ACTIVITY)...............7.1. Teori dan pendirian tenda .......................... ....................................7.2. Keterampilan Kepramukaan Siaga ....................................................7.3. Keterampilan Kepramukaan Penggalang .........................................7.4. Keterampilan Kepramukaan Penegak & Pandega .............................7.5. Penjelajahan...................................................................................
34 jampel2 jampel8 jampel8 jampel8 Jampel8 jampel
Modul 8 : KEWIRAUSAHAAN ..................................................................8.1. Pengembangan Kewiraan ................................................................8.2. Pengembangan Kewirausahaan .....................................................2 jampel1 jampel1 jampel
c. BABAK PELENGKAPModul 9 : PELENGKAP ........................................... .....................................9.1. Lambang Gerakan Pramuka dan WOSM ...................... ....................9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal, Tanda Jabatan dan Tanda Penghargaan Pramuka ..........................................................................9.3. UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan .........................................................................9.4. Muatan Lokal ............................................... ……………………………………
8 Jampel1 Jampel
1 Jampel
1 Jampel5 Jampel
d. BABAK PENUTUPModul 10 : PENUTUP .......................................................................10.1. Forum Terbuka ............................................ .........................10.2. Rencana Tindak Lanjut (RTL) ........................ .........................10.3. Evaluasi .................................................................................10.4. Upacara Penutupan Kursus ......................... .........................
5 jampel2 jampel1 jampel1 jampel1 jampel
Jumlah ........................................................................95 Jampel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar