Senin, 30 September 2013

PANDUAN TEKNIK PENYAJIAN MODUL KURSUS PEMBINA PRAMUKA MAHIR TINGKAT DASAR (KMD)


  1. Pendahuluan

Proses pembelajaran yang berpusat kepada pendidik (teacher centered), di mana pendidik menganggap dirinya sebagai gudangnya ilmu pengetahuan (store of knowledge) sudah menjadi kamus kuno. Baden Powell telah mengalihkan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (ask the boysstudents centered), dengan demikian pendidik tidak bertindak dominator tetapi sebagai fasilitator. Panduan ini dibuat karena masih banyak penyelenggaraan kursus yang setiap topik atau setiap pokok bahasan dilakukan dengan ceramah, sehingga peserta didik hanya berperan sebagai pendengar, sehingga ketika kursus berakhir tidak memiliki keterampilan yang memadai untuk membina gugusdepan.

Panduan teknis penyajian modul Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) disusun dalam rangka standarisasi pola penyajian modul KMD, dengan harapan dapat menjadi panduan dasar bagi Pelatih Pembina Pramuka; adapun pengembangan selanjutnya diserahkan kepada pelatih yang bersangkutan.


  1. Tujuan dan Sasaran KMD

  1. Tujuan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, disingkat KMD, adalah untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina Pramuka melalui kepramukaan dalam Satuan Pramuka yakni Perindukan Siaga, Pasukan Penggalang, Ambalan Penegak dan Racana Pandega.

  1. Sasaran
Peserta setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar, mampu :
a. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana, sasaran dan tujuan Kepramukaan serta perkembangannya.
b. Menerapkan kepramukaan secara efektif dan efisien dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
c. Menjelaskan apa, mengapa, bagaimana sasaran dan tujuan Prinsip Dasar Kepramukaan, Metode Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka, Kiasan Dasar Kepramukaan dan Motto Kepramukaan serta menerapkannya dalam membina Pramuka sesuai dengan golongannya.
d. Mendidikkan Prinsip Dasar Kepramukaan, Kode Kehormatan Pramuka kepada Pramuka sesuai dengan golongnnya sehingga sikap dan perilakunya mencerminkan perwujudan pengamalan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
e. Membina dan mengembangkan mental, fisik, intelektual, emosional dan sosial sesuai dengan golongannya sehingga dia mampu berperan positif dalam masyarakat lingkungannya.
f. Menerapkan Sistem Among dan menerapkan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka dalam hidup bermasyarakat sehingga dirinya menjadi panutan peserta didik dan masyarakat.
g. Menerapkan kepemimpinan yang dijiwai dan bersumber pada Prinsip Dasar Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramuka.
h. Mengelola Program Kegiatan Peserta Didik (Prodik) sesuai dengan golongannya.
i. Menerapkan ketrampilan komunikasi dan ketrampilan bergaul secara efektif.
j. Menganalisis dan menghayati sifat dan watak peserta didiknya.
k. Mengelola satuannya.
l. Membina dan mengembangkan sumber daya/potensi yang dimilikinya.
m. Memahami, Menghayati dan melaksanakan AD & ART Gerakan Pramuka.


  1. Metode

Materi KMD disajikan dengan pendekatan andragogi, berfokus pada pembelajaran diri interaktif progresif dengan melibatkan peserta secara langsung dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode, di antaranya :
  1. Dinamika kelompok
  2. Diskusi kelompok
  3. Curah gagasan
  4. Metta Plan/Country Fair
  5. Studi kasus
  6. Kerja kelompok
  7. Demonstrasi
  8. Bermain peran
  9. Presentasi
  10. Bola salju (snow balling)
  11. Debat
  12. Fish Bowl
  13. Class students have
  14. Simulasi
  15. Base Mathod
  16. Berbagai kegiatan praktek (kesiagaan, kepenggalangan, kepenegakan, kepandegaan, scouting skill, dan permainan).
  17. Open Forum
  18. Rencana Tindak lanjut (RTL)/Action Plan


  1. Rencana Pembelajaran
Dalam menyusun rencana pembelajaran pendekatan yang digunakan adalah andragogi, strategi pembelajaran dilakukan dengan cara Do-Look-Learn, untuk itu diperlukan petunjuk pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan materi sajian yang ada berupa persiapan pembelajaran oleh pelatih (format terlampir) dan petunjuk pembelajaran bagi peserta kursus (format terlampir).
Pada akhir pertemuan sesi, pelatih mengadakan sharring dengan tujuan mengadakan pembulatan/pencerahan berupa kesimpulan.


  1. Strategi pembelajaran

  1. Strategi pembelajaran dilaksanakan dengan tata urut sebagai berikut:
  1. Pelatih menciptakan suasana belajar sesuai dengan topik sajian yang ada.
  2. Peserta memahami petunjuk pembelajaran yang diberikan.
  3. Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan petunjuk pembelajaran.
  4. Peserta memperoleh temuan-temuan dari proses pembelajaran tersebut.
  5. Sharring atas temuan-temuan yang ada.
  6. Pembulatan/pencerahan/kesimpulan.

  1. Pembagian waktu penyajian pada setiap Pokok Bahasan:
  1. Pengantar dan penjelasan materi untuk pemahaman konsep (ceramah) : 20 %;
  2. Kegiatan praktek/simulasi/demonstrasi/ kerja kelompok atau mandiri : 70 %;
  3. Pembulatan/pencerahan/kesimpulan : 10%;
  4. Satu jam pelajaran = 45 menit

  1. Dalam KMD kepada peserta dikenalkan praktek kegiatan Kesiagaan, Kepenggalangan, Kepenegakan dan Kepandegaan.

  1. KMD dilaksanakan di dalam ruangan 1/3 alokasi waktu dan 2/3 waktu diselenggarakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan, atau 2,5 hari di kelas4,5 hari di perkemahan.


  1. Pendukung Proses Belajar Mengajar dengan pendekatan Andragogi

  1. Sarana Prasarana:
  1. Ruang belajar yang bersih, sehat, terang dan sepadan dengan kapasitas.
  2. Alat bantu pembelajaran yang memadai kuantitas dan kualitas.
  3. Tersedianya alam terbuka untuk kegiatan outdoor.
  1. Adanya bahan serahan.
  2. Suasana pendukung proses pembelajaran: terhindar dari gangguang kegaduhan, polusi udara.
  3. Alunan musik yang dapat membengkaitkan semangat belajar.


  1. Rencana Tindak Lanjut
  1. Rencana Tindak Lanjut (RTL) disusun oleh peserta pada tahapan terakhir pelaksanaan kursus sebagai motivator pada diri mereka sendiri untuk melakukan kegiatan tindak lanjut setelah mengikuti pelatihan.
  2. RTL juga berfungsi sebagai pendorong peserta pelatihan untuk mengikuti program masa pengembangan/narakarya 1 oleh kwartir, yang akan menjadi persyaratan untuk mengikuti pelatihan berikutnya (Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan/KML).
  1. Penutup
Dengan disusunnya panduan ini diharapkan Pelatih dapat memiliki pola penyajian modul KMD, selanjutnya kepada para pelatih dapat mengembangkannya sesuai dengan kebutuhan.


KURIKULUM KMD


Kurikulum KMD disusun sebagai berikut :
a. BABAK PENGANTAR
Modul 1 PENGANTAR ............................................................................
1.1. Upacara Pembukaan Kursus ..........................................................
1.2. Orientasi Kursus ...........................................................................
1.3. Dinamika kelompok ..........................................................................
1.4. Pengembangan Sasaran Kursus ......................................................



5 Jampel
1 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
b. BABAK INTI
Modul 2 : KEPRAMUKAAN, PRINSIP DASAR&METODE...........................
2.1. Penghayatan AD & ART Gerakan Pramuka....................................
2.2. Sejarah Kepramukaan...................................................................
2.3. Kepramukaan .............................................................................
2.4. Pendidikan dalam Kepramukaan .................................................
2.5. Prinsip Dasar Kepramukaan ........................................................
2.6. Metode Kepramukaan ................................................................
2.7. Kode Kehoramatan Pramuka ......................................................
2. 8. Motto & Kiasan Dasar Gerakan Pramuka ......................................
2.9. Kiasan Dasar dalam Kepramukaan ...............................................


12 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Modul 3 : PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)
3.1. Kesiagaan ................................................................................... ...
3.2. Kepenggalangan ......................................................................... ...
3.3. Kepenegakan ............................................................................. ...
3.4. Kepandegaan ........................................................................... ...
3.5 Program Kegiatan Peserta Didik (PRODIK)................................... ...
3.6. Dewan Satuan Pramuka .................................................................
3.7. Forum S,G,T,D, .............................................................................
3.8. Memahami Peserta Didik dan Kebutuhannya.................................
3.9. Menciptakan Kegiatan yang Menarik, Menantang dan Mengandung Pendidikan ..............................................................

13 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel

1 jampel


Modul 4 : CARA MEMBINA.....................................................................
4.1. Membina Pramuka dengan Sistem Among......................................
4 2. Komunikasi dan Bergaul dengan Peserta didik ...............................
4.3. Mengelola Satuan Pramuka ............................................................
4.4. Peran, Tugas dan Tanggung jawab Pembina Pramuka ..................
4.5. Jam Pimpinan ...................................................................................
7 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
3 jampel
Modul 5 : ORGANISASI...........................................................................
5.1. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka ...........................................
5.2. Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka .........................................
5.3. Organisasi dan Administrasi Gugus Depan Pramuka .......................
5.4. Satuan Karya Pramuka ( SAKA)......................................................

4 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel


Modul 6 : KEGIATAN SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN .................................
6.1. SKU/TKU, SKK/TKK, SPG/TPG .........................................................
6.2. Upacara sebagai Alat Pendidikan .............. .....................................
6.3. Permainan sebagai alat pendidikan ...............................................
6.4 Pelantikan sebagai Alat Pendidikan .......... ....................................
6.5 Api Unggun sebagai Alat Pendidikan .............................................

5 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel


Modul 7 : KEGIATAN DI ALAM TERBUKA (OUTDOOR ACTIVITY)...............
7.1. Teori dan pendirian tenda .......................... ....................................
7.2. Keterampilan Kepramukaan Siaga ....................................................
7.3. Keterampilan Kepramukaan Penggalang .........................................
7.4. Keterampilan Kepramukaan Penegak & Pandega .............................
7.5. Penjelajahan...................................................................................

34 jampel
2 jampel
8 jampel
8 jampel
8 Jampel
8 jampel
Modul 8 : KEWIRAUSAHAAN ..................................................................
8.1. Pengembangan Kewiraan ................................................................
8.2. Pengembangan Kewirausahaan .....................................................
2 jampel
1 jampel
1 jampel


c. BABAK PELENGKAP
Modul 9 : PELENGKAP ........................................... .....................................
9.1. Lambang Gerakan Pramuka dan WOSM ...................... ....................
9.2. Pakaian Seragam, Tanda Pengenal, Tanda Jabatan dan Tanda Penghargaan Pramuka ..........................................................................
9.3. UU No. 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan .........................................................................
9.4. Muatan Lokal ............................................... ……………………………………

8 Jampel
1 Jampel

1 Jampel

1 Jampel
5 Jampel
d. BABAK PENUTUP
Modul 10 : PENUTUP .......................................................................
10.1. Forum Terbuka ............................................ .........................
10.2. Rencana Tindak Lanjut (RTL) ........................ .........................
10.3. Evaluasi .................................................................................
10.4. Upacara Penutupan Kursus ......................... .........................

5 jampel
2 jampel
1 jampel
1 jampel
1 jampel
Jumlah ........................................................................
95 Jampel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar